Velove WeddingVelove Wedding
Wedding Service Jakarta

by Velove Wedding

Bagi orang awam, profesis bagai seorang wedding planner kerap diterjemahkan sebagai seseorang yang memahami bagaimana merencanakan dan mengurus segala sesuatunya terkait sebuah acara pernikahan. Apakah tafsiran tersebut keliru? Jawabannya tidak, tetapi kurang tepat jika dipukul rata demikian. Sebenarnya ada banyak jenis kalangan profesional yang mendapatkan title sebagai seorang perencana pernikahan. Kendati demikian, setiap perencana memiliki keterampilan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Ada yang memiliki kemampuan menonjol dalam menangan iurusan logistik, desain, atau penjadwalan (produksi).

Maka dari itu, jika Anda berniat untuk menggunakan jasa pernikahan dari perancang profesional, kenali lebih dulu spesialisasi yang dimiliki. Pilihlah pihak yang tepat untuk membantu Anda menyiapkan hari bahagia sesuai dengan layanan yang dibutuhkan.

Konsultan (Koordinator)

Tipe wedding planner yang pertama ini—sesuai namanya—bertindak sebagai pihak yang member konsultasi bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Perencana ini cocok bagi pasangan calon pengantin yang ingin lebih banyak berperan langsung dalam merencanakan dan menyiapkan hal-hal dalam pernikahan mereka. Konsultan akan menjadi semacam coach yang membantu mereka dalam mempersiapkannya. Perencana ini akan membantu Anda dengan memberikan referensi vendor terkait dan menjadwalkan janji temu. Biasanya, konsultan sendiri tidak selalu hadir dalam pertemuan tersebut. Namun tidak perlu khawatir, konsultan akan tetap datang pada hari pernikahan Anda untuk mengatur segala sesuatunya agar berjalan sebagaimana mestinya.

Produser

Perencana pernikahan dengan keterampilan inilah yang kerap diasosiasikan sebagai wedding planner. Pasalnya, planner ini akan mengorkestrasikan seluruh kegiatan pernikahan Anda dari awal sampai akhir sesuai dengan konsep dan pekerjaan yang disepakati. Jasa ini paling popular digunakan untuk perhelatan pernikahan yang megah. Menjadi seorang produser pernikahan pun bukan merupakan profesi yang mudah. Setidaknya, profesi ini harus memiliki pendidikan professional dan gelar sah yang didapat di bangku kuliah atau sertifikasi khusus dari institusi terakreditasi. Perencana ini juga harus memahami protocol dan etiket dalam pernikahan dan budaya etnik dari masing-masing daerah. Bersama dengan tim yang solid, produser akan mewujudkan pernikahan impian Anda tanpa harus banyak melibatkan Anda secara langsung dalam persiapannya.

Desainer

Seperti desainer maupun arsitek pada umumnya, perancang pernikahan juga membutuhkan keterampilan visual dan imajinasi yang sangat baik. Fokus utama dari profesi ini adalah membantu merencanakan dan mematangkan konsep pernikahan yang Anda miliki. Karena itu, perencana pernikahan ini sesuai bagi Anda yang ingin menjadikan konsep pernikahan tersebut menjadi jauh lebih sempurna. Untuk menjadi seorang desainer pernikahan umumnya berasal dari kalangan lulusan desain interior, desain mode, desain grafis, dan sebagainya. Meski begitu, pelatihan formal di luar akademik juga dapat diambil untuk menjalani profesi ini.

Bicara soal harga, wedding planner tipe produser biasanya memiliki tarif yang paling tinggi. Mengingat cakupan pekerjaannya yang lebih luas dan kompleks, maka biaya yang relative mahal juga dirasa wajar. Namun umumnya, jasa pernikahan dengan dasar produser juga mengkombinasikan layanannya dengan jasa desain. Dengan demikian, klien cukup menggunakan satu pintu untuk mewujudkan hari bahagia yang dinanti. Dalam beberapa kasus, jasa perencana pernikahan juga dapat dibedakan menjadi full service planner, a la carte planner, day-of coordinator, dan event designer. Secara keseluruhan, kinerja nya sudah tercakup dalam penjelasan sebelumnya. Full service planner merupakan kombinasi dari produser dan desainer, a la carte dan day-of coordinator merupakan bagian dari konsultan, dan event designer merupakan bagian tak terpisahkan dari seorang desainer pernikahan.

 

 

<< Home Next Article>>

 

 

Spread the love
Velove Wedding
About Velove Wedding
Get Free Wedding Consultation
Wedding Service Jakarta
3 Tipe Perencana Pernikahan yang Perlu Anda Pahami