Velove WeddingVelove Wedding
Wedding Service Jakarta

by Velove Wedding

Pada dasarnya, perencana pernikahan akan membantu Anda untuk menyiapkan pernikahan yang di idamkan dengan cara yang lebih mudah dan mengurangi beban pikiran—khususnya jika Anda memiliki ide yang unik dari pernikahan pada umumnya dan membutuhkan usaha lebih untuk mewujudkannya. Di samping itu, Anda yang sibuk atau terkendala oleh jarak dengan pasangan juga akan sangat terbantu dengan bantuan pihak professional ini. Lantas, apa saja sebenarnya yang menjadi scope of project dari wedding planner?

Konsultan

Membuat Konsep Acara

Untuk membuat impian Anda menjadi nyata, wedding planner akan menjadi konsultan. Mereka akan mendengarkan Anda menceritakan konsep yang telah Anda miliki untuk hari bahagia yang akan datang. Untuk menyempurnakan acara resepsi, perencana dapat pula memberikan masukan yang sesuai. Namun bila Anda masih bisa dengan konsep yang akan ditampilkan, tidak perlu khawatir. Anda bisa meminta bantuan perencana untuk memberi masukan dan membuat desain dari ide-ide Anda yang masih belum tersusun rapi. Kendati demikian, ada baiknya Anda sudah lebih dulu menyiapkan referensi untuk hari besar Anda sendiri.

Menyusun Anggaran

Selain konsep, Anda juga harus terbuka soal anggaran kepada perencana pernikahan. Pasalnya, ketersediaan bujet akan sangat memengaruhi setiap keputusan yang akan diambil. Bila anggaran yang Anda sediakan tidak sesuai dengan penawaran paket yang diberikan, jangan berkecil hati. Perencana professional biasanya akan membantu Anda untuk menyiapkan pernikahan dengan menyesuaikan anggaran yang ada. Perencana akan melakukan review dengan seluruh elemen yang direncanakan—jumlah tamu, dekorasi, tempat acara, dan lain-lain sesuai ketersediaan bujet.

Mencari Vendor

Mencari vendor boleh dibilang merupakan tahap yang paling melelahkan dalam mempersiapkan acara pernikahan. Untuk menemukan yang tepat baik dari segi kualitas maupun kuantitas—Anda tidak akan bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat. Anda harus mengorbankan banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk melakukannya.

Namun dengan bantuan perencana, Anda akan jauh lebih terbantu. Wedding planner professional memiliki jaringan vendor yang luas untuk setiap detail kebutuhan pernikahan: katering, florist, souvenir, undangan, hingga jasa transportasi. Mereka tahu pihak-pihak terbaik yang dapat diandalkan untuk mewujudkan acara pernikahan yang sempurna. Di samping itu, para vendor tersebut juga memiliki harga khusus yang diberikan kepada perencana. Dengan begitu, Anda juga bisa lebih menghemat anggaran.

Koordinator Acara

Jasa perencana pernikahan juga dapat menjadi koordinator acara. Sesuai kesepakatan, ada pula klien yang menggunakan jasa ini untuk mengurus mulai acara lamaran hingga resepsi pernikahan. Perencana akan memastikan seluruh elemen telah dipersiapkan dengan baik—kapan vendor harus datang menyelesaikan pekerjaannya, memulai acara sesuai dengan jadwal dan rencana, mengumpulkan hadiah pernikahan yang diberikan para tamu dan memastikan seluruhnya Anda terima, hingga mengembalikan barang-barang yang disewa sesuai kesepakatan. Dengan demikian, Anda hanya perlu untuk relaks dan menikmati acara senyaman mungkin.

Tiga hal inilah yang menjadi gambaran umum tugas utama perencana pernikahan. Sebagai catatan, Anda tidak harus menyerahkan seluruh tugas persiapan pernikahan melalui jasa ini. Jika ada beberapa hal yang dapat atau sudah terlanjur dilakukan sendiri—dan tidak bisa dibatalkan, maka Anda tidak harus menggunakan full service wedding planner.

Namun bila Anda mendatangi wedding planner sebelum berburu vendor sendiri, hal tersebut akan lebih baik. Hal ini untuk meminimalisasi ketidaksesuaian dengan konsep final pernikahan yang dipilih. Seperti contoh, jangan terburu menyiapkan dekorasi yang Anda suka sebelum benar-benar pasti dengan tema yang akan dipilih.

 

 

<<Back Next Article>>

Spread the love
Velove Wedding
About Velove Wedding
Get Free Wedding Consultation
Wedding Service Jakarta
Mengenal Tugas Wedding Planner