Menempuh hidup baru adalah keputusan besar yang bisa diambil seseorang di dalam hidupnya. Momen naik pelaminan pun terasa sangat berharga dan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Karena itu, banyak orang ingin mempersiapkan momen indah tersebut sebaik mungkin agar nantinya dapat dikenang sepanjang hayat. Untuk mewujudkan impian tersebut, dibutuhkan persiapan yang matang dan tim yang lengkap jauh-jauh hari. Nah, di seri pertama artikel ini kita akan membahas point-point apa saja yang perlu dipersiapkan oleh anda dan pasangan, disini kami telah merangkumnya menjadi beberapa point. Apabila anda ingin membaca seri kedua dari artikel ini silahkan klik disini.

PERENCANA PERNIKAHAN – PERTIMBANGKAN MENGGUNAKAN JASA PROFESIONAL.


Merencanakan Kawinan

Sebelum membahas lebih jauh apa saja yang perlu dipersiapkan, pertama-tama anda dapat mempertimbangkan apakah anda membutuhkan jasa profesional untuk membantu mempersiapkan hari istimewa anda. Pasalnya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh anda & pasangan sebelum naik pelaminan diantaranya adalah mencari gedung, catering, dekorasi, fotografer dan masih banyak lagi. Tentunya akan sangat melelahkan apabila anda berdua harus mengurusi itu semua terlebih apabila anda sibuk dan tidak punya waktu untuk itu, nah disinilah peran jasa pihak ketiga akan sangat membantu.

Jasa profesional yang dimaksud disini adalah Wedding Organizer (WO), sebaiknya anda memilih vendor yang sudah berpengalaman mengurusi pesta perkawinan dan sangat membantu sekali apabila mereka juga punya pengalaman sebagai perencana pernikahan (wedding planner) walaupun itu bukan hal yang mutlak. Anda dapat memulai evaluasi anda dengan melihat hasil kerja mereka atau mendengar pendapat klien sebelumnya. Tujuannya agar Anda mendapat gambaran seperti apa kemampuan mereka dalam mengurus weddingan anda nantinya. Mereka harus cakap dalam melakukan pekerjaannya karena ada banyak hal-hal detail dalam persiapan pesta yang harus dikerjakan. Mereka harus mampu melakukannya tanpa ada yang satupun yang terlewat sehingga prosesi acara dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan anda dan pasangan.

Untuk menemukan Wedding Organizer yang andal, Anda harus melakukan pencarian secara serius. Awali pencarian dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang vendor tersebut di daerah Anda. Buatlah daftar nama-nama penyedia jasa sejenis, kemudian cari informasinya satu per satu. Coret mana saja kandidat yang informasinya sedikit, sulit dihubungi, atau susah ditemukan kantornya. Hal tersebut bisa menjadi suatu tanda bahwa mereka kurang credible. Setelah melakukan seleksi awal, Anda dapat melakukan pemilihan berikutnya dengan mempertimbangkan anggaran. Masukkan nama-nama vendor yang ada di daftar ke dalam dua kategori, yaitu: lebih tinggi atau lebih rendah dari anggaran Anda. Kalau jauh lebih tinggi, Anda bisa langsung mencoretnya. Cobalah fokus untuk mencari WO yang murah kalau memang anggaran dananya terbatas.

Selanjutnya, dari beberapa nama kandidat yang sesuai anggaran Anda, tanyakan tentang jasa yang mereka tawarkan. WO yang customer-focused biasanya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan anda, mereka dengan ramah akan menjelaskan informasi yang anda butuhkan secara mendetail. Baru setelah mendapatkan infomasi secara menyeluruh anda dapat mengambil keputusan secara mantap.

PAKET PERNIKAHAN – PILIH PAKET YANG PALING COCOK DENGAN ANDA.


Wedding Package

Setelah anda memutuskan Wedding organizer (WO) yang tepat untuk anda, selanjutnya adalah mengkaji paket pernikahan yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Ada banyak orang yang berpikir menggunakan jasa profesional terasa mahal, padahal kenyataannya tidak demikian. Kalau Anda tidak ingin mengeluarkan biaya berlebihan untuk menyelenggarakan pesta kawinan, ada harga paket pernikahan murah yang ditawarkan oleh banyak vendor di Indonesia. Untuk memastikan Anda bisa mendapatkan penawaran yang lebih murah, Anda perlu memahami trend harga paket terbaru. Harga biasanya tergantung pada lokasi, popularitas brand penyedia jasa, kualitas pelayanan, jumlah tamu kondangan, lama acara pesta, dan faktor lainnya. Semakin besar dan mewah pagelaran acaranya, semakin mahal biayanya. Secara umum, pada tahun 2017, acara pesta perkawinan di Indonesia biayanya antara puluhan sampai ratusan juta.

Resepsi dapat dilakukan di rumah, gedung, atau hotel. Bingung memilih akan menikah di mana? Pertimbangkan soal biayanya saja. Menikah di hotel atau gedung biasanya lebih mahal daripada di rumah. Kalau Anda ingin berhemat, menikah di rumah tentunya menjadi pilihan menarik. Anda jadi tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat, melainkan cukup dengan sewa tenda. Pertimbangan lain saat memilih membuat kondangan di hotel atau rumah adalah kapasitas ruangan dan jumlah tamu. Ada banyak orang yang tidak memiliki halaman luas sehingga rumahnya tidak cukup untuk menampung seluruh tamu kondangan. Kalau Anda mengalami masalah tersebut, pertimbangkan untuk mencari gedung atau hotel yang ruangannya lebih luas. Anda juga bisa sekalian memilih paket nikah dan bulan madu di tempat yang sama.

Di pulau Bali contohnya, ada pilihan konsep acara yang lengkap. Anda dapat menggelar prosesi adat Bali, terutama kalau Anda atau pasangan memang berasal dari pulau tersebut. Anda juga bisa memilih paket pernikahan dengan tema Modern Wedding dan menyelenggarakannya di hotel yang ada di sana, baik tempat penginapan yang bertarif terjangkau maupun bintang lima yang mewah. Tidak harus di dalam ruangan, Anda bisa menggelar resepsi outdoor di pulau dewata. Pulau tersebut memang terkenal dengan keindahan alamnya sehingga tidak jarang, pasangan ingin menggelar hajatan sekali seumur hidup ini di luar ruangan. Anda bisa menyewa taman hotel atau sebuah villa untuk menggelar pesta outdoor tersebut. Hanya saja, perlu diingat, Anda harus bersiap ketika prosesi berlangsung ternyata turun hujan, terutama kalau pestanya digelar pada bulan September-Maret.

CINCIN – SEBUAH SIMBOL KOMITMEN DAN KASIH SAYANG


Wedding Ring

Berbeda dengan aksesoris biasa yang bisa dikasih buat pacar sebelum menikah, Cincin kawin menandai komitmen serius di antara pasangan. Dengan mengenakannya di jaris manis, Anda dan pasangan telah berjanji untuk setia dan menyayangi satu sama lain. Benda ini juga memiliki bentuk lingkaran yang memiliki arti memiliki tekat yang bulat untuk mejaga komitmen cinta kasih. Untuk “Aksesoris Jari Manis” di acara lamaran, ada banyak opsi yang bisa Anda pilih. Kalau dilihat dari bahannya, ada cincin tunangan emas, emas-putih, perak, palladium, dan platinum. Dilihat dari modelnya, ada yang memiliki mata, ada juga yang tidak. Kalau memiliki mata, matanya sendiri bisa terbuat dari kristal, batu, atau berlian. Mata bisa hanya satu, bisa ada beberapa, tergantung pada desainnya.

Untuk mendapatkan simbol komitmen ini, baik di acara pertunangan & nikah, Anda tidak harus mengeluarkan biaya besar karena tidak ada yang mewajibkan benda cantik ini harus terbuat dari bahan mahal. Apabila anda memiliki anggaran terbatas, Anda bisa memilih couple ring sebagai alternative, Ada beberapa pasangan menyukai model couple emas, couple hitam namun yang penting adalah anda memilih cincin tunangan yang unik & berkesan. Tetapi secara umum cincin kawin emas & kawin berlian adalah yang paling sering dicari. Untuk mendapatkan “Wedding Ring” ini, anda dapat melakukan pencarian di toko offline dan online sebelum hari pernikahan tiba. Dari koleksi toko tersebut, pilih model yang paling Anda sukai. Jangan lupa untuk melakukan pengukuran jari sebelum melakukan pemesanan dan memastikan pesanan akan jadi sebelum hari yang ditunggu-tunggu tiba. Bingung untuk memilih model yang mana? Dengan banyaknya pilihan yang tersedia di toko, kebingungan tersebut memang wajar. Namun, jangan sampai Anda merasakan hal yang sama. Caranya?

Sebelum memilih model, tentukan bahannya terlebih dahulu. Biasanya, faktor yang mempengaruhi akan memilih bahan apa adalah anggaran. Harga perak dan palladium lebih murah dari pada emas atau platinum. Pengantin laki-laki muslim juga biasanya menghindari pemakaian emas dan lebih memilih bahan lain.
Saat datang ke toko, Anda sebaiknya sudah ada gambaran mengenai “Aksesoris Jari Manis” seperti apa yang anda inginkan, mulai dari bahannya & anggarannya. Di antara produk yang sesuai dengan anggaran, pilih model yang kira-kira cocok untuk dipakai oleh Anda dan pasangan. Diskusikan soal ini dengan sungguh-sungguh karena bisa jadi, cincin tersebut cocok untuk Anda, tetapi tidak cocok di jari pasangan. Selain itu, jangan sampai Anda mencarinya secara mendadak yah.

DEKORASI PERNIKAHAN – MEMBUAT HARI SPESIAL ANDA SEMAKIN INDAH.


Dekorasi Pesta

Saat merencanakan suatu resepsi, dekorasi pernikahan mungkin menjadi bagian yang membutuhkan persiapan paling lama. Bagaimana tidak, penampilan tempat kondangan akan menjadi ‘wajah’ yang dilihat banyak orang. Tempat tersebut juga akan menjadi latar ratusan foto married anda yang akan dijadikan sebagai kenang-kenangan sehingga wajar kalau persiapannya sangat mendetail dan lama. Namun, menjadi bagian penting bukan berarti harus mahal. Anda tetap bisa memilih desain gedung resepsi sederhana & minimalis, tetapi tetap elegan. Kreativitas menjadi kunci untuk melakukan hal ini. Sebagai contoh, untuk hiasan panggung sederhana, Anda bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan botol-botol kaca dan balon sebagai hiasan. Selain trik tersebut, masih ada banyak pilihan lain untuk menghias panggung.

Hiasan lain yang dapat dipasang di ruang hajatan adalah miniatur rumah adat. Adat mana yang dipilih bisa menyesuaikan daerah asal pengantin atau sesuai selera saja. Lokasi miniatur di dalam ruangan tergantung pada desainer atau Anda sendiri. Miniatur tersebut dapat ditempatkan sebagai pintu masuk, di samping sebagai latar berfoto, atau bahkan di pelaminan. Dekorasi pernikahan juga tentunya tak lepas dari pelaminan. Agar tampak indah dan berkesan, Anda bisa melihat-lihat tema pesta perkawinan yang dimiliki oleh banyak vendor. Hiasan yang indah ada banyak variasinya, mulai dari desain yang terinspirasi dari adat Bali atau lainnya sampai tema modern, terbaru dan islami. Apabila anda memilih outdoor venue, Anda bisa memilih tanpa pelaminan atau dengan dekorasi sederhana, misalnya tiang atau ‘gapura’ setengah lingkaran yang dihiasi bunga.

Dalam tema modern & kekinian, photobooth juga tak boleh Anda lupakan. Tempat ini penting karena banyak tamu kondangan tentunya ingin berfoto di momen indah sekali seumur hidup ini. Nah, agar hasil foto mereka bagus, dibutuhkan photobooth yang bagus pula. Apabila Anda menjalankan prosesi di gedung mewah dan mengundang banyak tamu, Anda bisa memasang lebih dari satu photobooth agar para tamu tidak perlu antre berfoto. Namun, kalau Anda memutuskan untuk menyelenggarakan pesta yang murah, Dekorasi pernikahan pun tidak harus berlebihan. Anda bisa menggunakan kreasi dari janur kuning. Bukan sekadar hiasan yang sedap dipandang, janur kuning juga memiliki filosofi tinggi. Menurut adat Jawa, janur kuning merupakan harapan agar mempelai tampak bersinar. Selain itu, janur kuning juga bermakna “sabda adadi” yang berarti doa akan terwujudnya ucapan-ucapan yang baik selama acara berlangsung. Jangan lupa bahwa dekorasi tidak hanya sebatas digedung, kamar pengantin pun perlu dipercantik agar membuat momen sekali seumur hidup ini semakin berkesan. Sangat umum dijumpai ornamen-ornamen unik berwarna putih menghiasi kamar mempelai dan anda bisa mendapatkan itu semua dengan harga yang relatif murah.

Kue Pengantin – Semakin Melengkapi Perayaan Pernikahan Anda


Cak Pengantin

Kue dan pernikahan adalah bagian tak terpisahkan. Sebelum menikah, ada proses lamaran atau hantaran. Dalam proses ini, pihak mempelai yang melamar dapat membawa tart atau jenis lain untuk keluarga orang yang dilamarnya. Kalau memang bisa membuat yang rasanya enak, Anda sebaiknya membuatnya sendiri karena bisa lebih murah juga. Sekalian menunjukkan ke keluarga calon pasangan tentang kemampuan Anda. Namun, kalau tidak jago di dapur, Anda bisa memutuskan untuk beli di cake store kesukaan anda. Ummumnya di acara kawinan, terdapat juga kue pengantin, misalnya adalah jenis tart. Banyak orang memilih untuk menggunakan “memotong kue pengantin” sebagai bagian dari ceremony di acara mereka. Bukan sekadar formalitas, memotong tart memang memiliki makna tersendiri, yaitu sebagai simbol kerja sama yang baik dan kasih sayang antara suami dan istri.

Untuk membuat tart di acara kondangan anda agar semakin tampak lebih unik atau lucu, Anda bisa menggunakan hiasan sederhana di atasnya. Hiasan tersebut dapat berupa buah-buahan, potongan cokelat, lilin, atau krim dan selai yang dipakai untuk membuat bentuk atau tulisan tertentu. Hiasan ini harganya cukup murah sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkannya. Apabila anda juga membutuhkan tart lagi saat menggelar perayaan wedding anniversary. Keberadaan tart bisa membuat perayaan terasa semakin romantic. Nah, kalau saat mempersiapkan pernikahan Anda tinggal meminta pada wedding organizer selaku vendor penyelengara untuk memesan langsung ke toko kue langganan mereka, Anda barang kali perlu mencarinya sendiri saat wedding anniversary.

Dengan berkunjung langsung ke lokasi venue toko tersebut, Anda dapat melihat-lihat langsung panganan yang dijual atau bahkan mencicipinya sebelum melakukan pemesanan. Kalau tak sempat, Anda bisa order di toko-toko online terpercaya. Tidak lama setelah anda pesan mereka langsung kirim ke alamat anda. Wedding cake sebenarnya tidak harus mewah, yang terpenting adalah rasa dan terlebih harus halal bagi pengantin muslim. Namun, kalau Anda memang memiliki anggaran cukup besar dan ingin menggelar lamaran, resepsi, atau Aniverssary yang mewah, tidak ada salahnya untuk membeli opsi yang lebih mahal. Biasanya, kue pengantin Classy berukuran besar, bertingkat, sangat enak, dan memiliki desain hiasan khusus yang tampak indah.

Spread the love