Velove WeddingVelove Wedding
Wedding Service Jakarta

by Velove Wedding

Menyelenggarakan resepsi pernikahan bukan hal yang mudah. Selain harus memikirkan biaya, pun memerlukan tenaga, waktu, serta konsep matang. Terlebih jika Anda mengundang banyak tamu; tingkat kerumitannya pasti semakin tinggi. Karena itu, setiap calon pengantin membutuhkan bantuan orang lain untuk menata acaranya. Namun, siapakah yang akan Anda pilih untuk mengurus resepsi? Keluarga atau penyedia jasa wedding organizer?Supaya menemukan solusinya, terlebih dahulu lakukan analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, threatness) seputar hal-hal berikut ini.

  • Vendor dan Kinerja

Dari segi kompetensi, Jasa Pernikahan atau yang sering disebut wedding organizer (WO) memang tidak perlu diragukan. Timnya mampu bekerja secara profesional dan cekatan. Mereka pun memiliki referensi vendor yang mumpuni. Asalkan penyedia jasa tersebut bisa diandalkan dan tepercaya, pesta pernikahan Anda pasti berjalan lancar. Lantas, bagaimana dengan panita keluarga? Plusnya, untuk urusan yang sangat pribadi, keluarga lebih layak menangani. Namun, di luar hal itu, panitia keluarga belum bisa bersikap profesional seperti wedding organizer. Keputusan setiap individunya kerap didasarkan pada ego masing-masing. Bahkan, cenderung menimbulkan konflik.

  • Jumlah Tamu

Berapa jumlah tamu yang ingin Anda undang? Kalau hanya ratusan orang, panitia keluarga masih efektif untuk mengurus acara. Meski kadang kala ada benturan antara anggota keluarga, semua itu pasti bisa diatasi. Lain halnya, ketika Anda mengundang tamu hingga ribuan orang. Persiapan harus dilakukan dengan sangat matang. Di sinilah tim Jasa Pernikahan mesti berperan. Profesionalitas dan kesigapan mereka dalam bekerja akan meringankan beban keluarga.

  • Biaya Pernikahan

Biaya pernikahan merupakan permasalahan paling sensitif yang kerap dibicarakan dalam persiapan acara. Kalau Anda menggunakan jasa tim Wedding Organizer, nominalnya pasti tidak sedikit. Pasalnya, mereka memberikan fasilitas sesuai dengan bujet calon pengantin. Sementara itu, menggunakan panitia keluarga untuk mengurus resepsi tidak akan memakan biaya besar. Bagi mereka, ikut membantu dalam persiapan pernikahan kerabatnya adalah kewajiban. Pun keluarga tak pernah mengharapkan upah atau fee dari Anda.

  • Waktu dan Tenaga

Kalau punya banyak anggaran, tidak ada salahnya menggunakan tim Jasa Pernikahan. Salah satu keuntungan memakai jasa WO adalah hemat waktu dan tenaga. Anda tak perlu repot memikirkan persiapan ataupun mengurus kebutuhan pernikahan. Namun, beberapa vendor enggan melibatkan keluarga Anda dalam persiapan. Karena itulah, pihak keluarga sulit memantau kinerja Wedding Organizer. Padahal, tidak semua WO mampu bekerja dengan baik meski tanpa pengawasan.

  • Konsep Acara

Tim penyedia jasa pernikahan terlatih dalam mengelola acara pernikahan. Mereka memiliki berbagai macam konsep yang kreatif dan unik. Bahkan, ketika Anda kehilangan ide untuk mendapatkan tema resepsi, tim Jasa Pernikahan selalu memberikan inisiasi. Bagaimana dengan keluarga? Karena mereka merencanakan pernikahan sesuai pengalaman pribadi, kadang kala konsepnya kurang kekinian. Itulah sebabnya, dari segi kreativitas, keluarga belum bisa diandalkan. Namun, tim Wedding Organizer senantiasa mengeluarkan ide-ide terbaiknya.

  • Lokasi Pernikahan dan Tempat Tinggal

Anda tinggal di Pekalongan, tetapi ingin menyelenggarakan resepsi di Semarang? Inilah peran tim jasa WO selama acara berlangsung. Pihak keluarga tidak mungkin menempuh waktu beberapa jam hanya untuk menuju Semarang. Tentunya hal itu memakan waktu dan tenaga. Semestinya, keluarga berada di sisi calon pengantin dan mengatur semua keperluannya. Untuk urusan lokasi pernikahan, tim Jasa Pernikahan akan mengurus dengan baik. Tugas panitia keluarga hanya memantau persiapan acara dari tim WO tersebut.

Nah, sekarang sudah tahu, bukan? Perbandingan menggunakan panitia keluarga dan jasa wedding organizer. Jadi, mulai sekarang, pertimbangkan pilihan Anda berdasarkan kriteria di atas. Semoga bermanfaat!

 

 

<< Main Topic Next Article >>

Spread the love
Velove Wedding
About Velove Wedding
Get Free Wedding Consultation
Wedding Service Jakarta
Wedding Organizer vs Keluarga Sendiri, Mana yang Lebih Efektif?